Suatu organisasi memiliki kompleksitas, baik
barang/jasa maupun ide, menghadapi berbagai perubahan yang senantiasa
melingkupi setiap saat, menghadapi berbagai karakteristik personil yang dapat
mengembangkan maupun melemahkan. Hal ini menjadi alasan diperlukannya orang
yang tampil mengatur, memberi pengaruh, menata, mendamaikan, memberi penyejuk
dan dapat menetapkan tujuan yang tepat saat anggota tersesat atau kebingungan
menetapkan arah. Di sinilah perlunya pemimpin yang melaksanakan kepemimpinan.
Kepemimpinan pendidikan yang diperlukan saat ini adalah kepemimpinan yang didasarkan pada jati diri bangsa yang hakiki yang bersumber dari nilai-nilai budaya dan agama serta mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya dan umumnya atas kemajuan-kemajuan yang diraih dari tiga perubahan mendasar dalam manajemen pendidikan dewasa ini yang berimplikasi pada perilaku kepemimpinan,yaitu sebagai berikut:
Kepemimpinan pendidikan yang diperlukan saat ini adalah kepemimpinan yang didasarkan pada jati diri bangsa yang hakiki yang bersumber dari nilai-nilai budaya dan agama serta mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan khususnya dan umumnya atas kemajuan-kemajuan yang diraih dari tiga perubahan mendasar dalam manajemen pendidikan dewasa ini yang berimplikasi pada perilaku kepemimpinan,yaitu sebagai berikut:
1.
Perubahan paradigma pendidikan dari yang bersifat
sentralistis ke arah desentralisasi. Perubahan kebijakan ini merupakan produk
dari debat reformasi pendidikan yang dilanjutkan dengan dirumuskannya
Undang-undang reformasi pendidikan.
2.
Adanya pelimpahan wewenang yang luas kepada sekolah
atas dasar pertimbangan profesional dan pertanggungjawaban publik. Pemberian
wewenang ini merupakan konsekuensi logis dari diberlakukannya Undang-undang
reformasi pendidikan.
3.
Adanya kerjasama antara pejabat pemerintahan dengan
pemimpin pendidikan dalam membangun pendidikan yang bermutu. Penunjukan pejabat
pendidikan dilaksanakan dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip kebijakan
pendidikan dan profesionalisme.
Berdasarkan
pada berbagai perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan, baik perubahan
dalam manajemen maupun perubahan metodologi yang diarahkan bagi pembelajaran
yang efektif, saat ini perlu dikembangkan kepemimpinan bervisi yang dapat
mengakomodasi kebutuhan dan tuntutan pendidikan akan pemberdayaan dan
kemandirian.
0 komentar:
Posting Komentar