Cara Backup dan Restore File Aktivasi Windows Asli




Bagi sobat yang mempunyai laptop atau pc dengan sistem operasi Windows bisa dipastikan suatu saat akan menemui masalah pada Windows seperti menjadi lambat, hang atau terinfeksi virus berat, yang akhirnya mengharuskan kita untuk memformat ulang komputer tersebut. Sebenarnya untuk memformat ulang laptop atau pc dan menginstall kembali sistem operasi Windows hampir bisa dikatakan sangat mudah, karena CD/DVD Windows (bajakan) banyak tersedia di pasaran ataupun di internet. Namun akan menjadi pekerjaan tambahan apabila kita membeli komputer beserta sistem operasi Windows Asli (Genuine) dari toko komputer, biasanya laptop/pc yang disertakan sistem Windows yang asli akan terdapat stiker beserta nomor OEM (CD-KEY) Windows Asli, ini kemudian diperlukan kalau kita ingin mengaktivasi kembali Windows Asli kita agar dapat digunakan kembali, tapi kebanyakannya harus dilakukan secara online, bahkan terkadang pihak Microsoft tidak akan langsung mengaktifkan kembali CD-KEY Windows yang telah digunakan kedua kalinya, aktivasi kadang harus melalui telepon.

Advanced Tokens Manager adalah sebuat tool gratis (freeware) dan portable yang dapat membantu kita untuk membackup file aktivasi untuk Windows 8, 7, Vista, Windows 2008 Server dan juga Ms Office 2010 kemudian dapat merestore kembali file aktivasi tersebut. Cara kerjanya program ini akan membuat sebuah file yang bernama tokens.dat dimana file ini berisi informasi registrasi yang dapat kita gunakan kembali untuk mengaktifkan Windows maupun Ms Office 2010.

Harus diketahui kita tidak dapat menggunakan file backupnya untuk laptop/pc lain, ada ID yang disimpan didalam file yang tidak dapat kita gunakan untuk laptop/pc lain. dan juga kita tidak bisa digunakan untuk versi Windows yang berbeda pula, misal kita membackup aktivasi Windows 7 Ultimate maka hanya dapat merestore untuk Windows 7 Ultimate saja. Tapi dapat bekerja jika kita ingin beralih dari versi Windows 32bit atau 64bit. 

Advanced Tokens Manager ini sangat mudah untuk digunakan, sebelumnya sediakan tempat penyimpanan berupa flashdisk atau hardisk external yang aman untuk digunakan membackup file aktivasi tadi, berikut caranya :


  Download dulu softwarenya di sini, kemudian ekstrak filenya.
  Klik kanan pada file Advanced Tokens Manager kemudian pilih "Run as Administrator"


 Klik "Backup Activation" tunggu beberapa saat proses untuk membackup file tokens.dat pada Windows Asli. Kemudian sebuah folder yang bernama Windows Activation Backup akan dibuat dan file tokens.dat dan file .ini, dengan beberapa bit informasi seperti kunci produk, versi Windows, file token CRC dll. Simpan dan amankan file backupan ini. dan kemudian format dan install ulang Windows kita.

Pada saat proses instalasi ulang Windows, apabila diminta untuk memasukkan Product Key, jangan memilih untuk memasukkan kunci produk atau mengaktifkan selama instal ulang. Setelah berada di desktop, jalankan kembali Advanced Tokens Manager beserta file backup yang telah dibuat tadi, tombol “Restore Activation” akan otomatis muncul.

 Klik "Restore Activation" untuk memulai proses mengembalikan file tokens.dat dan memasukkan product key, setelah beberapa menit, jendela "Success" akan muncul, Coba periksa apakah windowsnya sudah diaktivasi dengan cara klik kanan "Computer" dan pilih "Properties", jika belum aktif, coba restart Windowsnya.




Selesai, sangat mudah digunakan dan efektif untuk membantu kita mengaktivasi kembali Windows kompatibel dengan Windows 7, 8, Vista, Server 2008/2011 dan Office 2010, membutuhkan NET Framework 3.5. Demikian semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.




0 komentar:

Poskan Komentar