Back Up & Restore di Windows 7

Virus,gejala blue screen,atau gangguan lainnya kadang menghampiri windows.Meski pertolongan pertama bisa di lakukan dengan bantuan utility,namun ada saatnya kondisi ini sudah tidak bisa di atasi lagi selain dengan install ulang.


Install ulang adalah hal terakhir yg mesti di lakukan saat sistem operasi sedang dalam keadaan "payah".Tapi meski perlu,Proses ini bisa jadi merepotkan,membosankan,bahkan menyebalkan.kamu mesti melakukan backup data,instalasi,dan memasang aplikasi satu per satu yang jumlahnya mungkin tidak sedikit.
Dari pada menghadapi permasalahan ini terus menerus,ada baiknya kamu membuat backup sistem berupa clone image.jadi saat sistem operasi mengalami permasalahan serius,kamu tinggal mengembalikan backup sistem tersebut tanpa melakukan proses instal ulang yg membutuhkan waktu lama.
Dalam kesempata kali ini saya aka menunjukan cara melakukan backup dan restore image sistem operasi dengan menggunakan fasilitas yang ada di windows 7sehingga kamu tidak perlu repot repot mencari aplikasi tambahan.
Agar bisa diterapkan di semua versi windows 7 ,saya akan menunjukan cara sederhananya.Tapi sebelum itu,pastikan sistem operasi yang akan di backup dalam keadaan baik dan sehat,agar nantinya proses restore bisa mengembalikan sistem ke kondisi seperti sedia kala.

Proses Backup Sistem
  1.  Buka aplikasi Klik start & Computer,Pilih drive C :(dimana terdapat sistem operasi utama),lalu klik kanan, Pilih Properties & Tools, kemudian klik Backup Now!!
  2. Tentukan Lokasi Pilih "Create A System Image".nantinya windows akan mencari lokasi dimana backup image ini di tempatkan.Kamu bisa memilih apakah backup tersebut akan di tempatkan di folder baru(harus di drive berbeda dengan C:) atau pilih agar ti burning ke keping DVD.jika ingin di burning di DVD pastikan kapasitasnya mencukupi..
  3. Konfirmasi Backup   Setelah memilih lokasi tersebut,klik Next.maka Aplikasi akan mengkonfirmasi sistem yang akan di backup sebelum ke langkah selanjutnya (beri tanda centang jika ingin melakukan backup,dan hilangkan centang bila tidak).Klik Next,dan proses akan berjalan.lamanya waktu backup tergantung dari kapasitas sistem di windows yang ada.
  4. Bikin CD Recovery Hasil Backup ini nantinya akan berupa file yang hanya bisa di jalankan saat hendak melakukan recovery sistem operasi.Untuk menjalankan proses pemulihan ini,kamu mesti membuat CD recovery yang akan membantu proses restore.Untuk itu,silahkan kembali ke proses "Backup And Restore".Pilih "Create a system repair disc" lalu masukan keping CD/DVD kosong ke optical drive.Klik Next dan proses burn akan di mulai.
  5. Konfirmasi lagi saat proses selesai,windows akan menampilkan jendela agar CD/DVD recovery tersebut siap di gunakan saat proses pemulihan.
  6. Restore System  Masukan CD/DVD recovery yang telah di buat pada optical drive,lalu restar komputer.Sebelumnya,posisikan boot agar di mulai dari CD/DVD-ROM yang bisa di atur dari BIOS.Nantinya akan terbuka jendela "System Recovery Option".Pilih "Restore your computer using a system image that you created".di lanjutkan dengan mengklik next.
  7. Selesai Silahkan jelajah ke posisi di mana file tadi dibuat.secara otomatis,system yang ada akan ditimpa dengan sistem operasi dari ile backup yang telah kita lakukan sebelumnya.Tunggu hingga proses selesai dan sistem akan kembali ke kondisi sedia kala.


NOTE:  Usahakan proses backup langsung dilakukan sesaat proses install ulang dimana telah terpasang driver beserta aplikasi standar.Hal ini di maksudkan agar kondisi windows masih "sehat" dan kamu tidak perlu melakukan prosedur memasang driver berulang kali.

0 komentar:

Posting Komentar